15 September 2019

Kenapa Kita Harus Makan?



Ibu sering mengingatkan kita untuk makan. Kadang kita sampai bosan dengan kata-kata “Ayo makan”. Kenapa, sih, kita harus makan?

Mesin Imut Paling Canggih
Sepertinya tidak ada yang istimewa dari tubuh kita. Mulut, mata, otak, kaki, dan tangan tetap berfungsi meskipun kita malas makan. Eits, jangan salah, lo! Ternyata jika manusia malas makan, tubuh manusia perlahan-lahan rusak. Setiap detik 50 juta mesin di dalam tubuh manusia mati jika manusia tidak makan.

Wah, gawat! Memangnya di dalam tubuh manusia ada mesin apa, sih? Tubuh manusia terdiri dari mesin-mesin super kecil dari chip komputer yang terkecil di dunia. Mesin tubuh manusia juga lebih rumit dibanding mesin pesawat antariksa. Mesin tubuh manusia sanggup menghasilkan energi agar manusia berjalan. Meskipun ukuran mesin ini hanya sebesar seekor semut jika dilihat dari jarak 1000 kilometer. Hmmm, mesin imut di tubuh manusia hanya bisa dilihat dengan mikroskop canggih.

Keajaiban Sel
Mesin tubuh manusia tersimpan di dalam sel tubuh manusia. Nah, karena jumlah sel di dalam tubuh manusia ada milyaran, maka jumlah mesin tubuh manusia juga milyaran.

Jika diteropong dengan mikroskop, sel seperti bila karet besar berumbai. Rumbai sel tiada henti menangkap makanan. Di dalam bola sel terdapat mesin-mesin yang sangat gaduh. Mesin-mesin kecil itu di sebut mesin sel. Mesin sel bekerja tiada henti selama 24 jam. Ada mesin yang bertugas mengatur, namanya inti sel. Ada mesin penghasil energi, disebut mitokondria. Ada juga mesin yang bertugas membuat sel baru untuk mengganti sel yang rusak. Namanya ribosom. Gara-gara mesin yang sibuk bekerja, sel jadi seperti bola karet yang melonjak-lonjak dan berdenyut-denyut. Sel mirip bola karet berumbai yang hidup! Ajaib!

Hanya Makanan Sehat
Uniknya, rumbai sel hanya bisa menangkap makanan yang sehat. Yaitu zat karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Jika ada makanan asing, pintu di rumbai sel tidak mau membuka. Seandainya, zat asing terlanjur masuk, maka mesin akan mengamuk. Terutama jika zat asing itu berupa virus atau bakteri. Wuah, bakteri dan virus langsung digebuki oleh mesin sel.

Nah, kamu penasaran, apa yang dilakukan sel pada makanan? Yuk, kita lihat pekerjaan mesin sel saat makanan lewat.

* Mitokondria
Jenis Makanan: Karbohidrat.
Contoh Makanan: Nasi, roti jagung, singkong.
Tugas dan perkerjaan: Membakar karbohidrat. Mitokondria mirip pembangkit listrik batubara. Batubara diumpakan karbohidrat. Saat karbohidrat dibakar, keluar energi. Energi ini dipakai tubuh untuk berjalan, bermain, dan belajar.



* Ribosom

Jenis Makanan: Protein.
Contoh Makanan: Daging Ayam, daging sapi, telur, ikan, susu, kacang.
Tugas dan Pekerjaan: Menumpuk protein agar jadi sebuah bangunan. Ribosom mirip tukang bangunan yang menumpuk bata agar jadi rumah. Bangunan yang dibuat ribosom adalah sebuah sel baru. Sel baru ini untuk mengganti se yang mati atau rusak saat kamu sakit atau jatuh dari sepeda.

* Lisosoma
Jenis Makanan: Lemak.
Contoh Makanan: Cokelat, minyak goreng, mentega.
Tugas dan Pekerjaan: Membuat zat kimia bernama enzim. Enzim berguna untuk mencerna lemak dan zat lainnya. Dari lemak dihasilkan energi.



* Semua
Jenis Makanan: Vitamin dan Mineral.
Contoh Makanan: Sayuran dan Buah.
Tugas dan Perkerjaan: Vitamin dan mineral seperti pelumas bagi mesin sel. Jika tidak ada vitamin dan mineral, maka kerja mesin sel tidak lancar.



Sekarang kamu tahu kan, kenapa kita harus makan? Terutama makan makanan sehat yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin da mineral. Jika makananmu lengkap, maka mesin sel bekerja sangat baik. Itu artinya kamu akan jadi anak yang sehat, gesit, dan cerdas!

(Narasumber: Prof. Dr. F.G. Winarno. Laboratorium Pangan Mbrio. Bogor yang dikutip dari Bobo Edisi 22. Tahun XXXVII. 10 September 2009. Hal. 35-36)
(Ilustrasi: Bondhan.  Teks: rna)

0 komentar:

Posting Komentar