13 Desember 2019

Thanet yang Ramah Lingkungan


Kalau kamu jalan-jalan ke Inggris, sempatkan mengunjungi Thanet. Kota kecil ini sangat menarik karena kita dapat belajar hidup ramah lingkungan.



Thanet Punya PLTA

Kota Thanet terletak di Provinsi Kent, Inggris. Berhadapan dengan Thanet, terbentang samudera luat Selat Inggris. Di kota ini, angin laut bertiup kencang sepanjang hari. Pemerintah pun lantas memanfaatkannya untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTA) dengan nama Thanet Wind Farm.



Dari Pantai Foreness Point, kincir-kincir angin raksasa tampak berputar perlahan-lahan seperti baling-baling mainan. Ya, sebab letak PLTA Thanet Wind Farm ini memang lumayan jauh, sekitar 12 kilometer dair garis pantai.

Akan tetapi, bila kita dekati dengan kapal, menara serta kincir-kincir angin ini tampak raksasa. Menara-menara kincir ini tingginya 115 meter di atas permukaan laut, dan ditancapkan ke laut sedalam 25 meter.

Saat ini, Thanet Wind Farm merupakan PLTA lepas pantai terbesar di dunia. Jumlah menara kincir angin di sini ada 100 buah dan mampu menghasilkan listrik sebanyak 300 megawatt (300.000.000 watt). Wow, ini besar sekali. Ayo, kita hitung. Kalau setiap rumah menggunakan listrik 1.200 watt, maka Thanet Wind Farm dapat mengaliri 250.000 rumah.

Thanet Punya Pantai Terbersih.
Pantai-pantai di Thanet sangat indah. Hebatnya, pantai-pantai itu benar-benar dirawat dengan baik sehingga aman dan nyaman dikunjungi. Bahkan, tahun ini (2010), 9 pantai di Thanet mendapat penghargaan Blue Flags.



Blue Flags adalah penghargaan tertinggi untuk pengelolaan pantai yang ramah lingkungan. Sembilan pantai tersebut adalah Minnis Bay, St. Mildred’s Bay dan West Bay di Westgate, Botany Bay dan Joss Bay di Broadstairs, Ramsgate Main Sands, Westbrook Bay, Margate Main Sands, dan Stone Bay di Broadstairs.



Penghargaan Blue Flags hanya diberikan kepada pantai yang dikelola dengan baik berdasarkan standar tertentu. Di antaranya, soal kebersihan lingkungan, kualitas airm kelengkapan fasilitas, keamanan, cara pengelolaan, serta program pendidikan ramah lingkungan yang dijalankan di tempat itu.

Kota kecil Thanet sangat bersih, terawat, dan nyaman bagi siapa saja. Warga Thanet tentu sangat bangga dengan kotanya.

(Sumber: Bobo Edisi 35. Tahun XXXVIII. 9 Desember 2010. Hal. 44)
(Foto: istimewa. Teks: Sigit)

0 komentar:

Posting Komentar