17 Desember 2019

Kan Ghu Ru






Kaki belakangnya yang panjang, membuat hewan ini bisa melompat tinggi dan jauh. Kantung di perutnya, membuat anaknya merasa nyaman berada di dalamnya.

Kan Ghu Ru

Itu asal muasal nama kanguru, hewan berkantung asal Australia. Mau tahu cerita lucu dibalik nama itu? Suatu hari ada serombongan orang Inggris yang datang ke Australia. Mereka melihat hewan yang bisa melompat tinggi dan jauh. Lalu mereka bertanya nama hewan itu pada orang Aborigin penduduk asli Australia. Orang Aborigin iitu menjawab “Kan Ghu Ru.”

Nah, orang Inggris mengira Kan Ghu Ru itu nama hewan itu. Sejak itulah hewan itu dinamakan kanguru. Sst, padahal Kan Ghu Ru yang dimaksud orang Aborigin itu artinya, saya tidak mengerti apa yang anda maksud.

Jago Lompat

Kaki belakang yang panjang, membuat kanguru bisa melompat tinggi dan jauh. Kanguru merah atau red kangaroo lompatannya paling tinggi. Sekali melompat, tingginya mencapai 3 meter dengan jauh lompatan 12 meter. Ck...ck... Hebat, kan! Sedangkan kanguru abu-abu bisa mencapai 2 meter dengan jauh lompatan sekitar  meter.

Makan Malam-Malam
Kanguru itu hewan pemakan tumbuhan. Makanan favoritnya adalah rerumputan. Oleh karena itu, kanguru suka berada di daerah padang rumput. Biasanya mereka sibuk mencari makan di malam hari. Saat matahari bersinar di siang hari, mereka tidur dan bermalas-malasan.

(Sumber: Bobo Edisi 36. Tahun XXXVII. 17 Desember 2009. Hal. 24)
Foto: Ricky Martin. Teks: Yanti.

0 komentar:

Posting Komentar