11 Desember 2019

Angklung, Cintai dan Lestarikan


Siapapun bisa memainkan angklung, bahkan, anak-anak.


Pada November 2010, UNESCO meresmikan angklung sebagai warisan budaya dari Indonesia! Wuiiih ... bangga sekali. Dunia mengakui angklung sebagai miik dan hasil budaya Indonesia.

Berawal Dari Upacara Adat
Kita tentu saja sudah mengenal angklung. Tetapi, tahukah kamu, dahulu angklung hanya digunakan pada upacara adat? Misalnya, saat upacara panen. Saat itu, angklung dibunyikan untuk menghormati Dewi Sri, dewi kesuburan, agar tanah pertanian penduduk berlimpah rejeki.

Lambat laun, keindahan bunyi angklung digunakan juga di luar upacara adat. Sebab, angklung sangat mudah dimainkan dan digemari. Alat musi ini memang dibuat dari bahan sederhana, bunyinya pun indah. Angklung cocok juga dimainkan bersama dengan alat musik lain seperti piano, gitar, dan banyak lagi. Keunikan angklung membuat alat musik ini cepat dikenal di mana-mana.

Dari Bahan Biasa Menjadi Alat Musik Luar Biasa
Bambu. Ya, itulah bahan pembuat angklung. Di Jawa barat, tempat asal musik angklung, tanaman bambu dijumpai di mana-mana. Di tangan seniman pembuat angklung, batang bambu dipotong, diberi lubang udara dengan ukuran tertentu, diikat, dan klung... klung... klung... 

Satu set angklung terdiri dari banyak angklung.

Sebuah angklung hanya bisa menghasilkan satu nada. Untuk memainkan sebuah lagu, kita butuh beberapa angklung. Semakin lengkap jenis nada dalam satu set angklung, semakin banyak lagu bisa dimainkan.

Seorang pemain angklung yang ahli bisa beraksi sendiri memainkan sebuah lagu. Tangannya dengan terampil akan menggoyang bermacam angklung untuk memainkan sebuah lagu.

Wisatawan asing pun menyukai angklung.

Angklung tidak harus dimainkan oleh pemain ahli. Alat musik ini bisa dimainkan oleh siapa saja. Apalagi jika dimainkan ramai-ramai. Seru, deh! Biasanya, ada satu orang yang akan memimpin di depan. Ia bertugas menunjuk nada yang harus dibunyikan. Pemain yang memegang angklung dengan nada tersebut, akan menggoyangkan angklungnya.

Hanya pembuat angklung yang ahli saja yang bisa membuat angklung dengan nada yang tepat.

Ingat, lo. Angklung ini disebut warisan budaya. Artinya, harus kita lestarikan. Sebab, harus kita wariskan pada generasi mendatang.

(Sumber: Bobo Edisi 35. Tahun XXXVIII. 9 Desember 2010. Hal. 30)
(Foto: Ricky Martin. Teks: Pipit)

0 komentar:

Posting Komentar