19 Juni 2015

6 Cara Mudah Mendongkrak Semangat



Lesu, badan cepet capek dan malas mengerjakan apa aja, baik itu belajar atau pun bermain, pastinya ada yang nggak beres. Apalagi kalo makin hari makin lesu makin bertambah sampai nggak punya semangat hidup lagi, saatnya untuk berubah dan jangan dibiarin! Kalo kamu mengalami masalah seperti ini, buat preventif alias pencegahan, baca deh, tips berikut ini. Kalo masih lesu juga, cepat hubungi ahlinya alias ke dokter.

   1. Sarapan
      Jadwal sekolah pagi banget sering bikin kamu gak punya waktu buat sarapan. Padahal sarapan, banyak banget manfaatnya. Sempetin deh waktu kamu buat sarapan atau bawa aja roti atau makanan ringan lainnya, yang bisa dimakan saat lagi di kendaraan atau pas sampe di sekolah.

   2. Minum Air Putih
       Capek bisa timbul karena dehidrasi yang dialami oleh tubuh, demikian yang disampaikan Woodson Merrell, MD., dokter dari RS New York City. Menurutnya, dengan selalu menyediakan air putih, memudahkan kamu mengonsumsi air dan terhindar dari dehidrasi. Salah satu buktinya, banyak atlet yang selalu membawa botol minuman di saat mereka berlatih atau pun bertanding. So, nggak ada salahnya kamu juga membawa botol air minum saat sekolah.

   3. Sering-Sering Makan
         Buat kamu yang punya masalah berat badan, mungkin akan berpkir dua kali. Tapi jangan salah, sering makan yang dimaksud di sini adalah makan tiga kali sehari dan ngemil (makan makanan kecil), dua kali sehari. Dengan pola makan begini, akan menjaga badan kamu tetap seger seharian. Tapi ingat ya, seperti yang diungkapkan oleh Kathy McManus, RD, Direktur Nutrisi dari Departemen Nutrisi Amerika Serikat, makanlah dengan porsi yang cukup, jangan berlebihan.

   4. Gaya Hidup Teratur
        Tanpa kamu sadari rasa capek bisa berasal dari gaya hidup kamu yang gak bener. Contohnya berapa lama kamu tidur. Tidur minimal 5 am sehari, biar tubuh bisa mengisi energi kembali. Misalnya kamu ada tugas yang membuat kamu terpaksa tidur malam atau begadang, usahakan kamu ganti di waktu-waktu kamu yang lain. Dengan begitu badan kamu bisa tetap seger.

   5. Tanaman di Meja Belajar
        Kalo kamu pernah nonotn drama Asia atau cerita kartun remaja, sering kelihatan tokoh-tokohnya meletakkan tanaman di meja belajar mereka. Tujuannya, selain menghias meja belajar, membuat mata bisa santai. Warna hijau daun dan warna cerah-cerah bunga bikin mata rileks setelah membaca. Sebuah penelitian membuktikan, para pekerja yang meletakkan tanaman di sekitar ruang kerjanya, lebih kreatif dibandingin karyawan yang cuma menumpuk kertas di atas meja kerjanya. So, ayo mulai cari tanaman indah buat ditaruh di meja belajar.

   6. Jalan-Jalan 10 Menit
       Asosiasi Jantung Amerika Serikat atau AHA menjelaskan orang yang berjalan cepat selama 70 menit dalam seminggu atau sekitar 10 menit setiap hari, bisa memompa energi 18 persen lebih banyak ketimbang yang gak berjalan kaki. Makanya, coba kamu sempetin jalan deh, setiap hari.

Buat kamu yang rumahnya gak jauh dari sekolah, coba ke sekolah dengan berjalan kaki. Sementara buat kamu yang agak jauh coba turun dari mobil atau angkot, di jarak yang agak jauh dari sekolah. Dengan membiasakan diri berjalan, selain akan terbiasa, kamu akan lebih sehat. Lebih percaya diri, fokus, serta terbebas dari rasa sakit kepala ringan atau migrain.

(dtp/dari berbagai sumber dalam majalah mingguan Gaul edisi 24 tahun X 13-19 Juni 2011 hal 12)

0 komentar:

Posting Komentar