19 Juni 2014

Mata Sembab? Oh NO!!!


Gawat! Begitu bangun tidur trus melihat ke kaca, mata indah kita kok mendadak bengkak dan sembab, gini? Aduh, pastinya bakalan malu kalo diliat orang lain. Gimana cara mengatasinya? Well, baca tipsnya.

Banyak sebab, yang bikin mata sembab di pagi hari. Mulai dari sakit flu yang menyerang, begadang ngerjain tugas sampai pagi, sampe gara-gara menangis semalaman. Nah, biar gak ada yang tau kalo kamu abis nangis semalaman dan sebagainya, siapin waktu beberapa menit sebelum berangkat ke sekolah atau melakukan kegiatan aktivitas lainnya dan cobain beberapa resep di bawah ini.

Es Batu

Suhu dingin dari es batu, dapat membantu mengurangi bengkak atau sembab pada mata. Ini adalah cara klasik, yang sudah sering digunakan oleh banyak orang. Well, untuk mempercepat prosesnya, bilaslah wajah terlebih dahulu dengan air dingin. Setelah wajah terasa dingin dan segar, barulah kompres mata yang bengkak dengan es batu yang telah dibungkus kain.
Kalo misalnya di rumah kamu lagi nggak ada stok es batu, kamu bisa coba cara lain yang lebih seru. Masukkan sendok ke dalam kulkas, dan diamkan sampai dingin. Nah, setelah dingin bisa langsung kamu aplikasikan dengan cara  menempelkan bagian cembungnya di mata. Voila! Mata langsung terasa segar seketika, deh.

Teh Celup
Gals, untuk yang satu ini kamu mengaplikasikannya dalam keadaan panas atau hangat, yah. Rasa hangat yang keluar dari kantung teh, bisa membantu membuat rileks area mata indah kamu, loh. Jenis yang paling ideal untuk digunakan, adalah teh hijau atau teh hitam. Karena, kandungan kafein di dalamnya dipercaya bisa mengurangi pembengkakan.
Cara pemakaiannya, ambil dua kantong teh celup tadi, lalu dicelupkan ke dalam air panas beberapa saat dan angkat. Setelah menghangat, langsung aplikasikan dengan cara mengompresnya pada kelopak mata dan tutupi dengan kain bersih. Diamkan selama 5-10 menit, atau sampai kamu merasa rileks. Dan, rasakan sensasi hangatnya yang menyenangkan hati, ya.

Timun

Pastinya udah banyak yang sering dengar, kalo timun sering dipake buat mengurangi sembab di mata akibat begadang ataupun bengkak karena nangis semalaman. Timun gak cuma baik kesehatan, tapi juga bagus untuk mata sembab. Karena, kandungan astringent di dalamnya membantu menyegarkan mata yang bengkak.
Caranya, dinginkan dua irisan timun di dalam kulkas. Setelah itu, kompreskan pada mata sekitar 10 menit. Well done! Selamat tinggal mata bengkak dan sembab yang nggak banget, selamat datang mata indah yang lebih  fresh dan ceria.

Kentang
   Selama ratusan tahun, orang Eropa mempercayai kentang sebagai penghilang sakit kepala, pegal-pegal, berbagai iritasi, dan tentunya mengurangi bengkak pada area manapun. Irisan kentang yang telah dicuci bersih, bisa kamu langsung aplikasikan pada mata yang lelah dan sembab.
     Selain kita menggunakan dalam bentuk irisan utuh, ada satu resep lagi yang patut dicoba. Untuk mata sembab, kupas kentang segar lalu cuci dan parut sampai halus. Bungkus parutan kentang dengan selembar kain, lalu kompreskan pada mata selama beberapa saat.

Garam

Apa hubungannya garam sama mata sembab, yah? Well, saat mata kamu sembab, mengkonsumsi makanan yang mengandung garam bakalan membuat bengkaknya bertambah parah. Karena, garam mempunyai sifat mengikat cairan. Tapi, bila digunakan secara berbeda, garam juga bisa membantu menyembuhkan bengkak juga, loh.
Untuk menyembuhkan mata sembab, caranya campurkan setengah sendok ilmiah, garam ke dalam seperempat liter air putih. Lalu celupkan kapas ke dalam larutan air dan garam tadi. Setelah itu, kompres mata dengan kapas yang telah berisi larutan garam. Menurut penelitian medis, larutan garam dapat membantu mengurangi bengkak.

U Should Know, Air Putih is The Best!

Banyak minum air putih, memang gak akan dengan instan mengempiskan mata yang bengkak. Tapi, dengan mengkonsumsinya akan membantu untuk mempercepat proses pengempisannya. So, usahakan minumlah banyak air putih sepanjang hari, yah. Dan, untuk sementara hindari dulu kopi, soda, dan minuman manis.
Nah, masalah mata bengkak kamu menjadi teratasi kan, dengan beberapa tips yang udah dijabarin di atas. Selamat mencoba.

(acit, berbagai sumber dalam majalah mingguan Gaul edisi 24 tahun X 13-19 Juni 2011 hal 12)

0 komentar:

Posting Komentar