19 Juni 2014

Cara Makan Buah yang Maksimal!




Mencuci buah sebelum dimakan itu sudah pasti wajib. Tapi tetep aja ada cara yang lebih efektif. Sebagai makanan yang kaya serat dan kaya akan vitamin, masih ada aja orang yang nggak tahu cara mengonsumsi buah yang baik dan benar. Padahal tujuannya sederhana, untuk mengoptimalkan asupan nutrisi yang didapat.

Pertama, sebaiknya makan buah itu minimalnya sepuluh porsi. Maksudnya sepuluh jenis dan sepuluh warna perhari. Agak susah sih, tapi sebagai pemula dimulai dengan porsi yang lebih kecil, yakni tiga jenis buah dengan tiga warna berbeda dalam sehari. Tujuannya biar gak bergantung pada jenis buah dan besarnya buah. Anggur dan stroberi, seporsinya sama dengan lima buah. Ukuran sedang seperti apel, jeruk, pir dan pisang, seporsinya sama dengan satu buah. Sementara ukuran besarnya adalah semangka dan melon, di mana seporsinya adalah satu slice dengan potongan sedang.

Kedua mencucinya nih, mencuci buah yang bener mestinya pake air hangat. Kalo buahnya dilapisin lilin, maka buah kudu dicuci pake air hangat, lalu kerik lapisan lilin dengan pisau, cuci lagi dan keringkan. Makannya? Bagi orang normal, makan buah sebaiknya langsung dan dikunyah aja. Kalo yang kesulitan sebaiknya diblender tanpa menambahkan dengan gula. Nge-blender sama nge-juice beda loh! Kalo diblender semuanya masuk, sementara di juice hanya sari buah tanpa serat dan ampas buah. Solanya, buah yang dimakan dengan kulit tipis atau biji kecil seperti anggur dan apel kaya akan antioksidan dan vitamin E. Jadi kalo bisa, buah pir, apel dan anggur, kalo bisa dimakan aja semuanya.

Buat yang pencernaannya nggak bermasalah, makan buah bisa kapan aja. Tapi baiknya sebelum atau sesudah makan. Sementara orang yang bermasalah sama lambung, misalkan radang lambung atau maag, sebaiknya makannya pas kelar makan aja. Kalo yang sedang nurunin berat badan, kalo bisa makan buahnya sebelum makan, biar perut cepat kenyang dan makan terkontrol. Simple, jadi nggak ada salahnya dicoba. Biar makin sehat dan tubuh pun berkualitas!

(ry@n/berbagai sumber dalam majalah mingguan Gaul edisi 24 tahun X 13-19 Juni 2011 hal. 31)

0 komentar:

Posting Komentar