31 Agustus 2014

Kuliner: Sluruuup....


Kuliner: Sluruuup....

Kalau dulu urusan masak-memasak bahkan bikin roti atau segala macam makanan jajanan banyak didominasi cewek, sekarang udah gak lagi. Bukannya lagi meniru-niru acara kuliner yang bertaburan di TV-tv, tapi Bu Jayus, nyokapnya Entong emang lagi mengkader si Entong biar jadi Chef sejati.

Hari itu, omnya si Entong, yang bernama Jojon lagi main ke rumah Bu Jayus, adiknya. Jangan salah, Om Jojon ini paling doyan makan. Di kantornya, cowok yang badannya lebih gede dari truk tronton ini emang ngegawangin rubrik kuliner. Dia penanggung jawab halaman kuliner.

Bu Jayus yang super ramah itu akhirnya larut dalam obrolan seputar kuliner dengan abangnya. Kalo orang Jawa bilang, ‘tumbu ketemu tutup’ yang artinya kira-kira cocok banget kerjaan dia bikin kue yang tinggal menghiasi bagian atasnya dengan gula warna-warni diserahkannya sama Entong.

“Entong............”
“Ya Bu............”
“Tolong selesein kue bikinan ibu ya, tinggal ngolesin gula aja...”
“Beres Bu............”

Bu Jayus pun nerusin ngobrolnya sama Jojon, makin kental. Sampe beberapa waktu kemudian keluarlah Entong dengan kue hasil karyanya. Om Jojon yang ngerti banget soal makanan, kaget begitu melihat kue yang wangi dan rapi. Air liurnya sampe hampir menetes saking kepengennya.

“Ayo.... dicicipi... kue buatan Entong” kata Bu Jayus sambil mengiris kue dan dikasihkannya ke Om Jojon.

“Mmmm... enak banget. Lezat sekali,” kata Om Jojon yang tau-tau mau nambah.

“Silakan loh, jangan sungkan-sungkan saya tinggal dulu mo ke warung, beli tepung. Mo bikin roti pesenenan Bu RW,” kata Bu Jayus sambil ngeloyor ninggalin Om Jojon sama Entong di ruang tamu.

Om Jojon segera mengiris lagi kuenya. Kali ini lebih gede irisannya. Gak Cuma rasanya yang enak, bentuk tulisan dan gambarnya rapi dan gak belepotan, membuat selera Om Jojon makin menjadi.

“Tong! Kamu benar-benar hebat... bisa menghias kue serapi ini dan gak ada yang belepotan sedikit pun. Kok bisa sih?” tanya Om Jojon sambil nyuap kue ke mulutnya.

“Gampang Om! Gula yang belepotannya, udah saya jilat.”

(Sumber: majalah mingguan Gaul edisi 34 tahun IX. 30 Agst–5 Sept 2010. Hal 7)

0 komentar:

Posting Komentar